Music, Fashion, Photography & Technology

Kamis, 31 Maret 2011

Bertanya Bijak dan Bukan Untuk Menguji (Forum Diskusi)

Mengajukan pertanyaan dengan sebaik-baiknya dan benar-benar ingin tahu dari persoalan yang ditanyakan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri sendiri. Bertanya adalah hal yang sering dilakukan oleh manusia dalam perjalanannya di muka bumi. Dengan bertanya, hal yang tidak kita ketahui akhirnya menjadi tahu hal yang sudah tahu dapat menjadi lebih tahu dan dengan bertanya kita akan dapat menemukan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. 

Ada dua kategori pertanyaan yang sering kita dengar yaitu pertanyaan yang memang benar-benar tidak tahu dan pertanyaan yang memang sudah tahu namun bermaksud untuk menguji orang yang diajukan pertanyaan.

Bertanya bijak dan bukan untuk menguji sebaiknya dilakukan layaknya kita menghargai seseorang.

"Mengapa saya membahas masalah ini?"
 
Sebuah proses menuju pandai diawali dengan bertanya.
"Malu bertanya sesat dijalan."
Peribahasapun mengatakan demikian. 

Dalam hal berdiskusi tentu banyak hal baru dan mungkin aneh bagi mereka yang masih awam atau belum begitu mengetahui tentang materi yang berkenaan dengan pokok pembahasan.

Saya pribadi hal yang benar-benar tidak saya tahu sama sekali saya coba tanyakan kepada mereka yang lebih tahu dengan harapan menjadi tahu dan mendapatkan ilmu baru bagi saya. 

Namun jika posisi saya yang menjadi pendiskusi maupun siapa saja, dan jika ada yang ingin bertanya, hal yang masih dalam tanda kutip yaitu :

“Kenapa harus mengajukan pertanyaan dengan maksud untuk menguji? padahal saya sadari kalau dia sendiri sudah tahu jawabannya atau hanya ingin menguji kemampuan saya, dan dalam konteks bisa tidaknya saya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

"Pantaskah?"

Mungkin alangkah baiknya jika menambahkan jikalau memang ada yang kurang dari penyampaian materi yang dibahas. Karena dengan tidak sengaja kita juga akan tahu bahwa orang itu hanya menguji  namun bagaimana perasaan kita saat sadar seperti dipermainkan? (itu perasaan saya sendiri) Apa merasakan diremehkan?

Hal lain yang juga seringkali terjadi, si penanya menanyakan hal yang melenceng jauh dari pembahasan, tetapi dia tidak menerima jika kita mencoba untuk meluruskan pertanyaan tersebut, inilah yang menyebabkan terjadinya pertikaian. Padahal, kita tahu bahwa dalam berdikusi kita sama-sama masih dalam tahap pembelajaran. 

Memang, ada juga seseorang bertanya hanya ingin menyamakan persepsi, bukan untuk menguji atau pun tidak tahu.

Ya. Bertanya memang punya seninya sendiri, disadari atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar