Music, Fashion, Photography & Technology

Jumat, 10 Agustus 2012

BLOGGER AMATIRAN


Siapa lagi kalau bukan saya? Haha.

Ya,  “blogger amatiran”. Kedua kata tersebut saya rasa layak saya sandang untuk saat ini.

Bagaimana tidak?

Awal ketika membuat blog ini saja saya hanya dibekali pengetahuan minim, bermodalkan sedikit referensi yang saya dapatkan dari internet. Keinginan saya untuk membuat blog bukanlah untuk mengikuti trend, bukan juga ikut-ikutan teman (kebetulan pada saat itu teman-teman dekat saya belum ada yang memiliki blog), semua murni dari diri saya.

Dengan senyum dan semangat ala boyband, alhamdulillah. Akhirnya pada tanggal 24 Maret 2011 terciptalah blog yang sangat standard ini.

Menjadi blogger professional tidak semudah yang saya bayangkan. Agar banyak diminati dan dikunjungi, blog haruslah memiliki daya tarik tinggi dan kekhasan bagi setiap visitor. Muncul banyak tanda tanya di otak saya.

“Apa yang harus saya lakukan untuk blog ini?”

“Apa yang akan saya tulis?” Setiap ada tugas mengarang di sekolah saja pikiran saya selalu buntu, dan mulailah saya plenga’ plengo’ gak jelas di kelas, sibuk memutar otak. Miris.

Teman-teman dekat saya memang senang menulis. Mereka hobi menulis entah itu cerpen, cerbung, fanfict, dan yang sejenis itulah pokoknya. Sedangkan saya? Adakah bakat menulis dalam diri saya? Menulis sih bisa. Tapi, untuk terlihat menarik, merangkai kata-kata yang mudah dicerna dan imajinatif, itu yang sulit. Dari judul saja bisa mempengaruhi minat seseorang terhadap bacaan. Oleh karena itu, pemilihan tema, penetapan judul, sangatlah penting dalam menulis dan harus difikirkan secara matang. Memang ada sebagian orang yang dengan mudah memainkan penanya di atas kertas / mengetik di keyboard, menuangkan pemikirannya, karena memiliki tingkat intelektual tinggi sehingga terciptalah tulisan yang berkualitas. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama. 

Untuk blog ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mendesain. Bagaimana agar blog ini terlihat indah dan tertata di mata saya visitor. Dimulai dengan memilih template serta background yang sesuai dengan karakter saya. Karena saya adalah type cewek tomboi girly, saya akan membuat blog ini sefeminim mungkin. Kemudian tata letaknya, saya buat seunyu badai.


* * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Setelah itu, saya pun kebingungan.

“Mau nulis apa nih saya di blog ini? Wkwk”.

Oh... ternyata blog bukanlah media tulis online semata. Kita bisa mengubahnya menjadi double WOW dengan fitur-fitur lain yang tersedia di dalamnya. Berkat perkembangan dan kemajuan teknologi modern serta internet.

Alhasil pada postingan pertama di blog, saya membuat beberapa jenis via untuk Twitter dan salah satunya via username Twitter saya, yaitu via @ki2amalia. Lumayan kece, banyak yang tertarik dan menanyakan bagaimana saya bisa membuatnya.

And then... saya galau lagi. “Bagaimana dengan postingan berikutnya?” 

“Apa yang akan saya tulis lagi di blog?”

Di sinilah predikat “penulis abal” saya muncul. Saya memposting beberapa tulisan milik beberapa orang yang saya ambil dari berbagai social media. Tetapi posisi saya bukan sebagai “plagiat”, karena di setiap postingan saya selalu mencantumkan  identitas lengkap dari mana tulisan tersebut berasal. Apakah tulisan tersebut karya saya pribadi atau karya orang lain yang bagi saya menarik sehingga saya postingkan kembali di blog saya. Seperti pada postingan saya pada gambar berikut ini :

* lihat arah tanda panah  hitam*
 

* * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Huft. Ternyata blog saya masih sangat kamseupay. Pengetahuan saya terhadap blog masih jauh di bawah rata-rata para blogger handal. Seharusnya saya memberikan polesan serbuk emas dengan menampilkan gadget dan widget pendukung untuk memperlengkap fasilitas blog seperti jam, kalender, kamus lengkap, jadwal shalat, mp3, mp4, dsb. Tapi semua butuh proses. Ditahap selanjutnya saya akan merehabilitasi blog ini dengan berbagai tulisan dan fitur menarik, unik, dan terbaru tentunya. Silahkan tunggu.

Dan untuk kedepannya, saya akan memposting  beragam hobi saya dalam bentuk uraian  tulisan. Seperti, bagaimana kecintaan saya terhadap dunia musik dan dunia tarik suara. Bagaimana kegilaan saya terhadap perkembangan iptek modern dan internet. Bagaimana para penulis super seperti @radityadika (Raditya Dika), @shitlicious (Alitt Susanto), serta artis Twitter yang baru sukses jadi penulis @Poconggg (Arief Muhammad) dan artis gagal @indrawidjaya (Indra Widjaya) berhasil menginspirasi saya. Bagaimana saya begitu menyukai tokoh Hello Kitty, Strawberry Shortcake, serta game Harvest Moon BTN dengan teramat sangat. Hahaha~

Allah SWT telah menerangi pikiran saya dengan cahaya rahmatNya sehingga saya bisa menulis postingan ini dan berbagi cerita dengan anda mengenai blogger amatiran seperti saya.

Terima kasih untuk para pembaca.

Saya tahu blog standard saya ini masih jauh dari kata keren”. Untuk itu, silahkan kritik dan sarannya agar saya bisa menjadi seorang penulis dan blogger yang berkualitas.

Lalalalala~ Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.



Tertanda :   
 Rizki Amalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar